Ada info baru yang penting dari dapodik, dan tidak ada pemberitahuan sebelumnya.
Informasi resminya bisa diakses di laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
Infonya : Semua PTK wajib verifikasi akun dapodiknya.
Silahkan dicek di INFO GTK masing-masing, maka akan ada keterangan "Akun pengguna belum terverifikasi" seperti dibawah ini
Jika tidak verifikasi sampai batas waktu yang ditetapkan, akun otomatis akan terhapus.
Itu artinya akun kita hilang. Itu artinya kita tidak lagi terdata sebagai guru atau tenaga kependidikan.
Tentu ini sangat merugikan, terutama bagi guru yang sudah sertifikasi.
Bisa gagal cair!
Nah, untuk itu semua operator wajib menyampaikan informasi penting ini kepada semua PTK di instansi masing-masing. Kenapa demikian? Karena untuk verifikasi dibutuhkan email pribadi milik PTK tersebut. Dan password email pribadi tentu hanya PTK saja yang tahu.
Apa fungsi dari email tersebut? Nantinya ketika PTK melakukan proses verifikasi, sistem akan mengirimkan kode verifikasi melalui email yang tertera di akun PTK masing-masing. Kode itu berupa 4 digit angka.
Bagaimana cara verifikasi akun PTK? Berikut langkah-langkahnya.
Pertama, buka situs http://ptk.datadik.kemdikbud.go.id
Klik menu LOGIN MENGGUNAKAN SSO
Kedua, masukkan email dan password yang sebelumnya sudah diupdate oleh operator dapodik. Dalam hal ini operator harus menginformasikan kepada PTK terkait email dan password tersebut (jika semua password dibuat oleh operator).
Selanjutnya, masukkan email dan password yang sudah diupdate dan klik MASUK.
Setelah berhasil masuk, klik menu BIODATA
Lalu klik menu AKUN, tampilannya akan seperti ini:
Kemudian klik tulisan VERIFIKASI SEKARANG yang berlatar biru. Di sini status verifikasi masih terdata BELUM.
Masukkan email aktif untuk menerima kode verifikasi lalu klik LANJUTKAN.
Cek inbox email yang tadi dimasukkan sebagai penerima kode verifikasi. Jika ada email dari dapodik kemdikbud buka dan lihat kode virifikasi
Lalu copy pastekan atau tulis manual kode 4 digit angka ke dalam kotak KODE VERIFIKASI. Lalu klik SIMPAN
Jika ada kesalahan akan muncul notifikasi bahwa proses verifikasi yang kita lakukan gagal. Namun, jika berhasil anda bisa kembali di menu akun dan STATUS VERIFIKASI akan berubah menjadi bertuliskan SUDAH.
Ketika dicek di INFO GTK maka status akan berubah menjadi "Akun pengguna sudah terverifikasi"
Nah, itulah tadi langkah-langkah sederhana cara verifikasi akun PTK. Bagi yang kurang paham atau perlu informasi lain terkait verifikasi akun PTK ini bisa tanyakan di kolom komentar.
2 Comments
akun kok beda ya
ReplyDeleteiya, hanya sebatas contoh saja
Delete